top of page
Writer's pictureRaizel CDr

Wisata Pantai Sawarna Banten!


Ketika sedang berada di Banten, tak lengkap rasanya jika belum mengunjungi objek wisata disana. Tentu terdapat beberapa tempat wisata menarik yang dapat anda kunjungi.


Tempat ini akan membuatmu merasa senang dan kembali semangat untuk menjalani rutinitas. Dikutip dari http://ligaemas3.com, Sebut saja Pantai Sawarna yang tersohor akan keindahannya.


1. Banyak cara menuju Pantai Sawarna


Pantai Sawarna berada di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak. Anda bisa memilih beberapa alternatif rute, tergantung awal perjalananmu.


Jalur Barat:

  • Jakarta – Serang – Pandeglang – Saketi – Malingping – Bayah – Sawarna

  • Jakarta – Rengkasbitung – Gunung Kencana – Malingping – Bayah – Sawarna

  • Jakarta – Cilegon – Anyer – Labuan – Malingping – Bayah – Sawarna

Jalur Timur:

  • Jakarta – Ciawi, Bogor – Cibadak – Pelabuhan Ratu – Cisolok – Sawarna

  • Jakarta – Ciawi, Bogor – Cikidang – Pelabuhan Ratu – Cisolok – Sawarna

  • Jakarta – Bogor – Cijeruk – Cikidang/Cibadak – Pelabuhan Ratu – Cisolok – Sawarna

Bandung:

  • Bandung - Cianjur - Sukabumi - Cibadak - Pelabuhan Ratu - Cisolok - Sawarna

Kalau bingung, Anda bisa menggunakan Google Maps untuk sampai di Pantai Sawarna. Jadi tak perlu khawatir tersesat, deh.


Kalau memilih angkutan umum, Anda bisa mengawalinya dari Bandung, Rangkasbitung (Banten), Bogor, dan Bekasi. Tapi tetap harus berhati-hati, karena Anda harus berganti moda transportasi di beberapa titik.


Misalnya jika berangkat dari Bogor, Anda bisa menggunakan bus kecil dulu. Anda akan melewati Pelabuhan Ratu hingga sampai ke Kecamatan Bayah. Sebelum sampai di Pantai Sawarna, Anda harus berpindah ke angkutan umum lainnya.


2. Tiketnya murah meriah, gak bakal bikin bokek


Asyiknya liburan ke Pantai Sawarna itu, bujetnya relatif terjangkau. Anda cukup membayar tiket masuk sekitar Rp5.000 per orang.


Jika menggunakan kendaraan pribadi, biaya parkir untuk motor sekitar Rp2.000 dan mobil sekitar Rp5.000. Murah banget, kan, lebih murah dari parkir di mall bahkan.


3. Fasilitasnya sudah memadai, liburanmu jadi lebih nyaman


Meski belum selengkap pantai-pantai di Bali, Yogyakarta, dan Malang, Pantai Sawarna telah menyediakan beberapa fasilitas penunjang. Anda bisa menemukan tempat makan, toilet, dan tempat beristirahat di sini.


Bahkan mereka juga menyediakan pemandu jalan dengan membayar sekitar Rp60 ribu. Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan antara lain memperoleh informasi seputar pantai secara akurat, Anda bisa terhindar dari pungutan liar, menemukan tempat indah tersembunyi di sekitar pantai, dan masih banyak lagi yang lainnya.


4. Beberapa saran supaya liburanmu jadi makin asyik


Karena terbilang cukup jauh dari pusat kota, ada beberapa saran yang bisa Anda terapkan sebelum liburan ke Pantai Sawarna:

  1. Pastikan Anda membawa uang tunai secukupnya, sebab akses ATM cukup jauh.

  2. Persiapkan kendaraan dalam kondisi prima, terutama untuk kebutuhan bakarnya.

  3. Selalu awasi anak di bawah umur untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

  4. Jangan lupa membawa obat, khususnya buat Anda yang memiliki obat-obatan khusus.

  5. Cek cuaca, pastikan Anda liburan di saat kondisinya cerah.

Itu saja sih, asal Anda menjaga sikap dan menaati peraturan setempat, dijamin Anda akan aman selama liburan. Saran lainnya, mungkin lebih baik Anda menyewa penginapan di sekitar Pantai Sawarna.


5. Keistimewaan Pantai Sawarna dibanding pantai lainnya


Inilah bahasan utamanya, sekaligus menjelaskan mengapa tidak cukup sebenarnya liburan 1-2 hari di Pantai Sawarna. Hal ini dikarenakan Pantai Sawarna terdiri dari tujuh pantai dan satu gua di dalamnya. Kalau Anda memang pengin menjelajah semuanya, gak mungkin cukup hanya satu hari.


Maka dari itu, sebaiknya menyewa jasa pemandu supaya liburan jadi lebih nyaman dan aman, efektif pula. Deretan pantai yang berada di sini antara lain Pantai Ciantir, Pantai Tanjung Layar, Pantai Karang Teraje, Pantai Karang Bereum, Pantai Teluk Lagon Pari, Pantai Pulo Manuk, dan Pantai Bukit Cariang.


Setiap pantai memiliki daya tariknya masing-masing. Banyak yang masih terjaga alami, sehingga membuatmu seolah liburan di pantai pribadi. Namun, hal ini berlaku kalau Anda liburan di low season, ya.


Anda juga akan mendapatkan momen sunrise atau sunset yang indah di sini. Gak kalah deh dibandingkan pantai-pantai di Bali atau Lombok.


Kalau hanya memiliki waktu singkat, Pantai Ciantir bisa menjadi pilihan yang tepat. Sebab, pantai ini memiliki hamparan pasir terluas dibanding yang lainnya. Pantai Ciantir sangat pas menjadi tempat bermain, seperti bola pantai, voli, selancar, dan sebagainya.


Pantai ini terkenal akan ombak yang besar, jadi Anda harus ekstra berhati-hati. Terlepas dari itu, sulit rasanya menggambarkan betapa eksotisnya kawasan Pantai Sawarna.


***


Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda yang berencana ke Pantai Sawarna Banten ya. Selamat liburan!

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page