top of page
Writer's pictureRaizel CDr

Tips Aman Berwisata Selama Pandemik


Angka kasus positif Covid-19 di Indonesia sudah lebih dari 200.000. Sehingga jika Anda ingin berwisata, tetap terapkan protokol kesehatan ya.


Dasarnya, berwisata dapat membuat Anda merasa bahagia, bahkan meningkatkan kekebalan tubuh. Terlebih, saat ini sudah banyak tempat wisata di Indonesia yang dibuka untuk pengunjung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.


Mengutip laman http://ligaemas3.com, Sehingga, berwisata di tengah pandemik bisa saja Anda lakukan. Akan tetapi, ada beberapa tips yang perlu Anda terapkan untuk menjaga keamanan dan kesehatan selama berwisata.


1. Pertimbangkan moda transportasi yang ingin Anda pilih


Pergi dengan kendaraan pribadi merupakan moda transportasi paling aman untuk situasi seperti ini, terutama jika daerah tujuanmu dapat dicapai dalam sehari, karena ini sangat membatasi interaksi dengan orang lain.


2. Masak makananmu sendiri atau pilih opsi beli dan bawa pulang


Hal lain yang juga perlu Anda perhatikan adalah perihal makanan. Alangkah baiknya di kondisi seperti ini Anda memasak sendiri bekal makananmu. Selain lebih terjamin kebersihannya, Anda juga bisa memakan bekal yang Anda buat sendiri di tempat yang sekiranya bersih dan tidak ramai.


3. Bijak dalam memilih aktivitas


Untuk saat ini, sebaiknya hindari mengunjungi tempat wisata yang berada di dalam ruangan. Sebab, tempat ini memiliki ventilasi yang kurang baik dan kadang membuat pengunjung sulit menjaga jarak, sehingga meningkatkan risiko penularan penyakit.


4. Pertimbangan untuk orang yang berisiko tinggi


Siapa pun berisiko terkena COVID-19, tetapi orang lanjut usia dan mereka yang memiliki kondisi medis tertentu berisiko lebih tinggi terkena gejala COVID-19 yang lebih parah. Kondisi yang meningkatkan risiko termasuk kanker, penyakit ginjal kronis, penyakit paru obstruktif kronik, masalah jantung serius, sistem kekebalan yang lemah, obesitas, anemia sel sabit, dan diabetes tipe 2.


5. Bijak dalam memilih penginapan


Perhotelan dan tempat penginapan lainnya menjadi salah satu media penularan COVID-19 di antara para pelancong, sehingga Anda juga perlu memperhatikan keamanan penginapan yang Anda pilih. Sebelum memilih tempat penginapan, periksa situs web untuk mengetahui informasi tentang sejauh mana layanan penginapan berusaha melindungi tamu dan staf.


Beberapa praktik terbaik meliputi:


  • Prosedur pembersihan yang ditingkatkan,

  • Penerapan physical distancing,

  • Mewajibkan staf dan tamu memakai masker,

  • Pembayaran nirsentuh,

  • Protokol jika ada tamu yang sakit.

  • Setelah Anda tiba di kamar atau penginapan, desinfeksi setiap permukaan benda yang sering disentuh.


Demikianlah beberapa tips aman berwisata saat sedang pandemik. Tapi, jika Anda merasa sakit sebelum melakukan perjalanan yang direncanakan, maka batalkan rencana wisata dan tetap tinggal di rumah adalah solusi terbaik untukmu.

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page