top of page
Writer's pictureRaizel CDr

Tempat Wisata Surga Tersembunyi di Jepara Jawa Tengah


Indonesia memiliki beragam pesona keindahan alam yang masih murni dan alami. Banyak sekali tujuan destinasi wisata yang tersedia di Indonesia, salah satunya Jepara.


Ternyata gak cuma itu, Jepara juga memiliki banyak atraksi wisata alam yang layak dikunjungi untuk liburan seru. Di antaranya seperti lima tempat wisata di bawah ini!


1. Taman Nasional Karimunjawa


Dilansir https://hansens-hikes.com, Kota Jepara sudah identik dengan keindahan alam di Kepulauan Karimunjawa. Gugusan yang terbentuk lebih dari 20 pulau kecil ini dikembangkan sebagai wisata taman laut dengan banyak spot menarik.


Anda bisa snorkeling untuk menyaksikan indahnya biota laut, singgah di penangkaran hiu, tracking ke hutan mangrove, mengunjungi banyak pantai sekaligus, wisata kuliner, hingga wisata religi.


2. Air Terjun Jurang Nganten


Air Terjun Jurang Nganten terdiri dari tebing tegak dengan kucuran air cenderung tenang. Air terjun setinggi 50 meter ini bisa ditempuh dengan berkendara selama 40 menit dari pusat kota Jepara.


Untuk menuju ke sana, Anda perlu trekking sekitar 500 meter dengan medan yang lumayan terjal. Tetapi begitu sampai di sana, gemericik air dan juga pepohonan yang asri bakal langsung menyambutmu. Apalagi suasananya tenang, karena belum banyak terjamah wisatawan.


  • Lokasi: Dukuh Turung, Desa Tanjung, Kecamatan Pakis Aji, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.


3. Pantai Benteng Portugis


Di pinggir pantai ini berdiri Benteng Portugis yang sudah ada sejak 1923 dan menjadi cagar budaya yang dilindungi pemerintah. Selain ramai dikunjungi karena tampak gagah, banyak orang yang datang untuk berenang di pantai.


Tepian pantainya tak berupa pasir, melainkan batuan dan tebing. Karena itu, banyak yang memanfaatkannya untuk memancing. Fasilitasnya sudah cukup lengkap, mulai dari kamar mandi hingga gazebo untuk bersantai.


  • Lokasi: Jalan Benteng Portugis - Tayu KM 48, Donorejo, Banyumanis, Donorojo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.


4. Pulau Panjang


Pulau seluas 19 hektare ini dikelilingi perairan dangkal yang sangat jernih dan dipenuhi terumbu karang. Keindahan yang ditawarkan pulau ini tak kalah dengan Karimunjawa, udara bersih serta lingkungannya yang asri jadi daya tarik utamanya.


Anda bisa menyewa sepeda untuk berkeliling pulau dan menikmati suasana yang menenangkan. Ditambah lagi Pulau Panjang belum terlalu padat pengunjung, rasanya seperti menghuni pulau pribadi.


Beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan selain bersepeda antara lain snorkeling, berkemah, hingga wisata religi mengunjungi makam Syekh Abu Bakar Bin Yahya Ba'alawi.


  • Lokasi: Ujungbatu, Jepara, Jawa Tengah.


5. Pantai Punuk Sapi


Pantai Punuk Sapi juga populer disebut sebagai Pantai Lemah Abang yang berarti "pantai tanah merah". Dinamai demikian karena memang pantai ini dipenuhi gundukan hingga bukit dengan tanah berwarna merah yang sekilas bentuknya mirip punuk sapi.


Pantai ini memiliki pasir berwarna hitam, tapi gak kalah cantik dibanding pantai-pantai berpasir putih. Terdapat hammock dan ayunan yang bisa Anda gunakan untuk bersantai, sekaligus berfoto dari atas ketinggian.


  • Lokasi: Desa Balong, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.


***


Ternyata wisata Jepara gak kalah indah dibanding kota-kota lainnya di Indonesia, kan? Anda sudah ke sana belum?

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page