top of page
Writer's pictureRaizel CDr

Tempat Wisata Indah di Jawa Barat


Berbicara mengenai destinasi wisata di Jawa Barat, umumnya kebanyakan objek wisata favorit terpusat di Bandung ataupun Bogor yang memang memiliki jarak tidak terlalu jauh dari Kota Jakarta.


Nah, buat Anda yang merencanakan liburan ke Jawa Barat, berikut referensi destinasi atau tempat wisata di Jawa Barat yang mempunyai pemandangan yang indah, dan bisa menjadi tujuan liburanmu. Cek langsung yuk di bawah ini!


Green Canyon


Tak ada tiket masuk untuk mengunjunginya. Anda hanya perlu menyewa perahu dengan biaya Rp150 ribu.


Dengan perahu tersebut, Anda bisa menjelajahinya selama 45 menit. Saat menyusuri kawasan Green Canyon, tebing berwarna hijau yang menjulang tinggi dengan sungai di tengahnya akan memanjakan indra penglihatanmu.


  • Lokasi: Desa Kertayasa Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat


Curug Cibadak Hanoman


Ada dua air terjun di kawasan Curug Cibadak Hanoman. Sayangnya, aliran air yang terlalu deras bikin Anda kesulitan untuk berenang.


Apalagi, genangan air yang jadi tempat berkumpulnya air bisa mencapai setinggi dada orang dewasa. Sehingga, agak bahaya kalau mau bermain air atau berenang di sini. Tenang, Anda bisa tetap menikmati keindahan dan kesejukan wisata ini, kok.


  • Lokasi: Desa Sukamukti, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat


Curug Cikaso


Menariknya, saat mengunjungi tempat ini, Anda akan disambut dengan tiga aliran air terjun yang sangat segar. Semua aliran air terjun mengarah pada kolam kecil berwarna kehijauan. Untuk mencapainya, Anda harus menempuh perjalanan dengan jalan kaki sejauh satu kilometer.


  • Lokasi: Desa Ciniti, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat


Curug Cikondang Campaka


Sepanjang perjalanan menuju ke sini, Anda akan disambut dengan keindahan sawah dan perkebunan teh. Lelahnya perjalanan menuju wisata yang satu ini tak akan sia-sia. Sesampainya di lokasi, air terjun bertumpuk-tumpuk ini langsung menghilangkan penatmu.


  • Lokasi: Desa Wangunjaya, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat


Gunung Batu Jonggol


Berada pada ketinggian 875 meter di atas permukaan laut membuat tempat ini jadi tujuan favorit para pendaki pemula. Meski tak terlalu tinggi, tapi tantangan yang dihadapi cukup sulit.


Anda harus melewati tambang batu yang sempit untuk menuju puncaknya. Sesampainya di puncak, dijamin rasa lelahmu akan hilang seketika karena keindahannya.


  • Lokasi: Desa Sukaharja, Kecamatan Sukamakmur, Kota Bogor, Jawa Barat


Pantai Karang Tepas


Destinasi wisata yang tersembunyi ini bisa jadi pilihan menarik buat liburan bareng keluarga. Tidak ada penanda yang jelas menuju ke sini.


Namun, saat Anda dari Cijayana ke Rancabuaya, ada kebun kelapa dan sayuran yang bisa jadi patokan. Anda bisa mengikuti jalanan setapak tersebut untuk menuju ke pantai.


  • Lokasi: Desa Karyasari, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut, Jawa Barat


Pantai Karang Hawu


Ciri khas Pantai Karang Hawu merupakan adanya tebing menjorok ke laut. Nah, Anda bisa berdiri di ujungnya untuk menikmati hamparan laut biru.


Ingat, Anda harus selalu ekstra berhati-hati, apalagi saat laut sedang pasang. Fasilitasnya sudah cukup lengkap, seperti toilet, musala, hingga persewaan papan selancar.


  • Lokasi: Desa Caringin, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat


Gunung Tangkuban Perahu


Karena letak geografisnya di dataran tinggi, Lembang punya banyak wisata yang menarik. Salah satunya Gunung Tangkuban Perahu yang memesona. Aksesnya cukup mudah tanpa harus melakukan pendakian berat.


  • Lokasi: Desa Cikahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat


Pantai Karang Tawulan


Hamparan pasir yang berwarna hitam gelap dengan batu karang menjulang tinggi menjadi daya tariknya. Keindahan laut dari atas tebing juga akan menjadi pemandangan sehari-hari. Sesampainya di atas tebing, sapuan ombak pada batu karang memberi kesan tak terlupakan.


  • Lokasi: Desa Cimanuk, Kecamatan Cikalong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat


Taman Nasional Gunung Gede Pangrango


Taman nasional ini punya banyak wisata menarik di dalamnya. Anda bisa mendaki ke puncak Gunung Gede, berendam di air panas, canopy walk, atau melihat keindahan danau. Harga tiket masuknya berbeda-beda untuk setiap wisata.


  • Lokasi: Kabupaten Sukabumi dan Cianjur, Jawa Barat


***

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Jawa Barat yang bisa jadi tujuan liburanmu. Jadi mau ke mana dulu, nih?

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page