top of page
Writer's pictureRaizel CDr

Tempat Wisata di Banjarmasin yang Bikin Liburan Makin Berkesan


Banjarmasin yang merupakan ibukota provinsi Kalimantan Selatan ini memang dikelilingi banyak aliran sungai. Jangan heran jika kota ini dijuluki dengan julukan ‘Kota Seribu Sungai’, setidaknya ada 60 sungai yang mengalir di seluruh wilayah Banjarmasin.


Tak hanya memiliki sungai sebagai daya tarik pariwisata. Banjarmasin juga memiliki beberapa tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi seperti berikut ini.


1. Pasar Apung Lok Baintan jadi salah satu wisata ikonik di Banjarmasin. Anda bisa berbelanja kebutuhan pokok di atas perahu. Beberapa penjual masih menerima sistem barter.


2. Dilansir https://projectsharetexas.com, Bukit Rimpi Pelaihari disebut sebagai New Zealand versi Banjarmasin. Rumput di bukit ini hijau sepanjang tahun bak permadani. Udaranya sejuk, suasananya pun menenangkan.


3. Taman Labirin Pelaihari ini menggunakan tanaman alami, sehingga terasa lebih asri. Anda juga bisa melihat rusa yang berada di satu kompleks dengan labirin ini.


4. Suasana seperti Raja Ampat bisa Anda rasakan di Bukit Matang Kalada. Pemandangan hutan dan danau dengan pulau-pulau unik berada di tengahnya.


5. Sungai Martapura menjadi salah satu spot favorit wisatawan. Bisa bersantai di taman, kulineran khas Banjarmasin di tepi sungai, atau naik perahu sambil menikmati sunset.


6. Pulau Kembang berada di tengah Sungai Barito. Pulau ini adalah area konservasi kera ekor panjang. Anda bisa bercengkerama dengan kawanan kera di sini.


7. Jika tertarik dengan wisata sejarah, mampirlah ke Museum Wasaka. Meseum ini menyimpan berbagai koleksi sejarah perjuangan rakyat Kalimantan Selatan.


8. Dari Menara Pandang Banjarmasin, Anda bisa menikmati panorama kota yang epik. Dijamin bikin hati tergetar.


9. Taman Maskot bisa jadi alternatif liburan murah. Terdapat dua maskot khas Banjarmasin, yakni bekantan dan pohon kasturi.


10. Setelah puas jalan-jalan, Anda bisa berburu oleh-oleh di Kampung Sasirangan. Tempat ini menjual kain khas Banjarmasin yang unik, lho!


***


Nah, itulah tempat wisata di Banjarmasin yang bisa jadi referensi untuk liburanmu selanjutnya. Yuk, jelajahi Indonesia lebih jauh usai pandemik nanti!

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page