top of page
Writer's pictureRaizel CDr

Taman Nasional di Indonesia yang Kece Abis


Indonesia punya hamparan alam luas yang membentang dari Sabang sampai Merauke. Setiap daerah pun menyimpan flora dan fauna langka yang sangat beraneka ragam. Tumbuhan dan hewan-hewan langka ini dilindungi di kawasan taman nasional yang ada di seluruh Indonesia.


Dikutip dari laman http://ligaemas3.com, Pemerintah Indonesia menetapkan beberapa tempat menjadi taman nasional sebagai kawasan konservasi alam yang dikelola dengan sistem zonasi. Hal tersebut bertujuan untuk tetap menjaga kelestarian eksosistem asli di wilayah tersebut.


Berikut taman nasional di Indonesia yang bakal membuat petualanganmu seru.


1. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Ada kaldera lautan pasir yang luas lho. Jika Anda pendaki, rute dari Malang harus Anda coba untuk menikmati lautan pasir yang luas.


2. Taman Nasional Baluran, berlokasi di Banyuwangi Jawa Timur. Terdapat Savana Bekol yang eksotis, sehingga membuat tempat ini sering disebut sebagai little Africa in Java.


3. Taman Nasional Pulau Komodo, terdiri dari 3 pulau besar yaitu Pulau Padar, Pulau Rinca, dan Pulau Komodo. Selain bisa menyaksikan komodo, Anda bisa menyaksikan ratusan spesies hewan perpaduan Asia dan Australia.


4. Taman Nasional Lorentz di Papua, salah satu kawasan gletser di daerah tropis. Ada sungai yang menghilang beberapa kilometer di dalam tanah.


5. Taman Nasional Wakatobi memiliki panorama bawah lautnya keren abis. Ada ratusan spesies terumbu karang cantik dan berbagai hewan laut unik yang siap memanjakan mata saat diving.


6. Taman Nasional Karimunjawa, Jepara, merupakan taman nasional yang terletak di utara Pulau Jawa. Kawasan hutan mangrovenya begitu memesona. Air laut yang jernih dan koleksi terumbu karang yang unik menambah keindahan ekosistem bawah laut yang menakjubkan.


7. Taman Nasional Kayan Mentarang. Kawasan hutan primer dan sekundernya terbesar di Pulau Borneo dan Kawasan Asia Tenggara lho. Taman nasional ini berbatasan langsung dengan Malaysia.


8. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Ada spesies unik dari bunga bangkai yang jarang diketahui pengunjung. Tiga ikon taman nasional ini yaitu gajah Sumatera, harimau Sumatera, dan badak Sumatera.


9. Taman Nasional Aketajawe-Lolobata merupakan surga di wilayah Halmahera. Kawasan konservasi ini dihuni oleh berbagai jenis flora dan fauna endemik maupun langka.


10. Taman Nasional Lore Lindu, salah satu kawasan konservasi alam di Sulawesi Tengah. Panorama alamnya indah banget karena terletak di garis Wallace. Wilayah ini merupakan peralihan antara zona Asia dan Australia.


11. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Kawasan yang populer di kalangan pendaki ini dihuni oleh flora dan fauna yang beranekaragam. Jika Anda penggemar bunga edelweis, tentunya bunga itu bisa sangat mudah Anda dapatkan di sini.


12. Taman Nasional Teluk Cenderawasih, surga yang tersembunyi di Papua Barat. Ada goa alam yang merupakan peninggalan sejak zaman purba. Goa dalam air dan sejumlah peninggalan dari abad 18 bisa Anda jumpai di sini.


***


Taman nasional yang dimiliki Indonesia memang keindahannya tiada dua. Jika Anda berkesempatan untuk mengunjunginya, jangan lupa jaga kelestarian dan kebersihannya ya.

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page