top of page
Writer's pictureRaizel CDr

Spot di Solo Bikin Pecinta Batik Cuci Mata


Sebagai pasar batik terbesar di Kota Solo, Pasar Klewer menjadi destinasi wajib dikunjungi oleh para pecinta batik. Selain mata dimanjakan dengan cantiknya kain batik beragam corak dan warna, setiap pengunjung yang datang juga dapat berbelanja batik dengan harga terjangkau.


Dilansir dari laman https://goddessmoon.org, Tidak hanya Pasar Klewer, spot di Solo berikut ini mesti dikunjungi juga oleh para pecinta batik. Yuk, catat nama tempatnya!


1. Museum Batik Danar Hadi


Museum Batik Danar Hadi terletak di Jalan Slamet Riyadi, Solo. Memiliki arsitektur bangunan bergaya Eropa, di dalam museum pengunjung dapat menyaksikan koleksi kain batik yang jumlahnya mencapai ribuan.


2. Rumah Heritage Istana Batik Keris


Rumah Heritage Istana Batik Keris terbilang spot baru di Solo. Wisata ini berdiri di atas bangunan tua tak berpenghuni yang disinggahi oleh kelelawar, dikenal masyarakat sekitar dengan sebutan Omah Lowo.


3. Kampung Batik Laweyan


Kepengin memuaskan diri belajar mengenai batik? Kunjungi saja Kampung Batik Laweyan. Kampung batik ini lekat sekali dengan Kyai Haji Samanhudi yang tak lain adalah tokoh pendiri Sarekat Dagang Islam sekaligus pengusaha batik di Kota Solo.


4. Dalem Go Tik Swan


Dalem Go Tik Swan menjadi museum batik selanjutnya yang dapat kamu kunjungi selama di Kota Solo. Jangan heran jika mengunjungi museum ini kamu mendapati banyak arca maupun benda pusaka karena Go Tik Swan memiliki jiwa seni tinggi.


5. Kampung Batik Kauman


Mengunjungi Kampung Batik Kauman, akan membuatmu serasa kembali ke Solo tempo dulu karena banyak bangunan lawas yang berdiri di pemukiman ini. Lokasinya di jantung Kota Solo, Kampung Batik Kauman tak pernah sepi wisatawan domestik maupun mancanegara untuk belajar mengenai batik Solo.


***


Jangan cuma tahu Pasar Klewer saja, ya! Spot di atas dapat dikunjungi juga oleh para pecinta batik ketika pelesiran ke Solo. Selagi mengunjungi salah satu atau semua spot batik yang telah disebutkan tadi, gali sebanyak mungkin informasi mengenai batik yang bisa menambah wawasan kamu.

2 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page