top of page
Writer's pictureRaizel CDr

Rekomendasi Wisata Kediri Jawa Timur


Kediri adalah salah satu daerah di Jawa Timur yang memiliki budaya yang khas. Jika Anda sedang berada di Kediri, Anda bisa berkunjung ke berbagai wahana dan tempat wisata menarik yang ada disana.


Gak cuma itu, masih banyak destinasi yang bisa Anda kunjungi di sini. Di antaranya seperti di bawah ini:


Kebun bunga matahari


Kebun Bunga Matahari di Kediri ini punya ribuan bunga yang sangat indah, apalagi saat bermekaran secara bersamaan. Cocok buat hunting foto yang kece. Tapi ingat, jangan sampai merusak atau memetiknya ya!


  • Lokasi: Jalan Selomangleng Nomor 143, Desa Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kabupaten Kediri


Air Terjun Dolo


Air terjun ini terletak di bagian timur lereng Gunung Wilis. Sebelum sampai di air terjun ini, Anda harus melewati ribuan tangga terlebih dahulu. Meskipun cukup jauh, tetapi perjuanganmu akan terbayar lunas saat melihat keindahan alam dari Air Terjun Dolo.


  • Lokasi: Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri


Air Terjun Irenggolo


Air Terjun Irenggolo terletak lebih rendah dibandingkan dengan Dolo. Biasanya, upacara adat setiap Bulan Suro yang diberi nama Sesaji Tirto Husodo digelar di sini. Tujuannya untuk meminta keselamatan kepada Tuhan dan mengenang Resi Wasis Curigonoto, penguasa Desa Jugo.


  • Lokasi: Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri


Taman Brantas


Pemandangan yang ditawarkan taman ini berupa hamparan birunya Sungai Brantas. Beberapa fasilitas lainnya yakni Arena BMX dan Skateboard, jogging track, panggung terbuka, dan taman bermain anak. Cocok jadi destinasi liburan buat keluarga.


  • Lokasi: Desa Pocanan, Kota Kediri, Kabupaten Kediri


Situs Watu Jagul Selopanggung


Situs ini dianggap sebagai awal mulanya munculnya Desa Selopanggung. Batu ini terletak di tempat yang tinggi dengan langsung menghadap ke sungai. Apalagi suasananya yang dingin dan tenteram bakal membuatmu betah berlama-lama di sini.


  • Lokasi: Sumber Agung, Desa Selopanggung, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri


Gunung Kelud


Gunung Kelud terletak di perbatasan Kabupaten Blitar, Kediri, dan Malang. Sebenarnya, gunung ini bisa didaki melalui jalur pendakian di Blitar dan Kediri.


Yang di Kediri sering disebut sebagai jalur wisata via Desa Sugihwaras, Kediri. Jalurnya juga mudah dilalui, karena sudah diaspal hitam, sehingga bisa dilalui mobil.


  • Lokasi: Lereng Kelud, Desa Sugihwaras, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri


Bukit Ongakan


Di tempat ini, Anda bisa menikmati pemandangan jajaran bukit yang tertutup kabut. Bukit yang penuh pepohonan hijau bikin suasana semakin tenang dan tenteram. Ternyata, jajaran bukit ini ialah hasil dari letusan Gunung Kelud pada 2014.


  • Lokasi: Area Hutan, Desa Besowo, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri


Gua Selomangleng


Gua ini adalah gua peninggalan era Kerajaan Kahuripan di Kediri. Pada zaman dahulu, tempat ini dijadikan pertapaan Dewi Kilisuci. Hingga sampai saat ini, Gua Selomangleng kerap dijadikan tempat ritual tertentu oleh masyarakat sekitar, selain sebagai jujugan wisata.


  • Lokasi: Jalan Mastrip, Desa Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri


Gazebo Willis


Gazebo Wilis merupakan tempat camping untuk pendakian Gunung Wilis dengan jalur Kediri. Keindahan matahari terbit yang berwarna keemasan menjadi alasan utama populernya tempat ini.


Kalau Anda ingin mendaki ke Gunung Wilis melalui jalur pendakian Kediri, jangan lupa mampir ke sini ya!


  • Lokasi: Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri


Taman Agro Margomulyo


Taman yang terletak di lereng Gunung Kelud ini punya banyak koleksi bunga, yakni mawar, krisan, matahari, dan masih banyak lagi yang lainnya. Buat Anda yang sedang mencari spot foto menarik, hammock, gazebo, dan rumah lampion bisa jadi pilihannya.


  • Lokasi: Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri


***

Itulah destinasi wisata Kediri yang Raizel Travel jadikan rekomendasi liburan serumu. Gak perlu nunggu cuti, Anda bisa mengunjunginya saat akhir pekan.

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page