top of page
Writer's pictureRaizel CDr

Danau Menawan di Sekitar Gunung Semeru yang Bikin Pengin Piknik


Siapa yang tak kenal Gunung Semeru? Gunung Semeru menjadi salah satu tujuan favorit para pendaki. Tak hanya menjadi favorit pendaki lokal saja, Gunung Semeru juga terkenal di luar negeri.


Dikutip dari laman https://goddessmoon.org, Di sekitar Gunung Semeru, anda bisa menjumpai beberapa danau atau ranu yang punya pemandangan ciamik. Jika berniat mendaki gunung setinggi 3.676 meter di atas permukaan laut ini, jangan lupa mampir ke danau-danau berikut ya.


1. Ranu Pani


Ranu Pani atau Ranu Pane berlokasi di Desa Ranu Pani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Ranu Pani sendiri adalah salah satu desa tertinggi di Indonesia.


Ranu Pani merupakan gerbang masuk pendakian Gunung Semeru. Di sinilah anda bisa mendaftar sebelum melakukan aktivitas pendakian.


2. Ranu Regulo


Selain Ranu Pani, Ranu Regulo juga merupakan salah satu danau ikonik di Gunung Semeru. Secara administratif, danau ini masih terletak di Kecamatan Senduro dengan ketinggian mencapai 2.100 mdpl. Letaknya tak begitu jauh dari Ranu Pani.


3. Ranu Darungan


Ranu Darungan adalah danau tersembunyi yang berada di Desa Mulyoarjo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Konon, danau menawan ini merupakan tempat bersejarah yang dulu pernah digunakan sebagai tempat konservasi sejak zaman kolonial.


4. Ranu Kumbolo


Siapa yang gak kenal Ranu Kumbolo? Danau cantik yang berada di ketinggian 2.389 mdpl ini merupakan ikon Gunung Semeru.


Ranu Kumbolo berada di jalur pendakian menuju puncak Mahameru, tepatnya setelah pos keempat. Luasnya mencapai 15 hektare.


***


Nah, itulah danau di sekitar Gunung Semeru yang bisa anda ekplor lebih jauh. Ada yang sudah pernah anda kunjungi?

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page