top of page
  • Writer's pictureRaizel CDr

Makanan yang Berbahaya untuk Kucing


Kucing adalah satu di antara jenis hewan peliharaan favorit. Tingkahnya yang manja, bulunya yang lembut dengan corak atau warna yang beragam tentu menjadi nilai plus tersendiri bagi kucing untuk dipelihara.


Tak peduli apa yang ada di atas piring, mereka ingin mencicipi apa yang Anda makan. Karena tidak bisa menolak, Anda pun memberikannya pada mereka.


Dilansir https://www.premier-limos.com, Padahal, banyak makanan manusia yang sebenarnya tidak baik untuk kucing. Entah karena mengandung zat yang beracun atau berisiko menimbulkan malnutrisi. Apa sajakah makanan yang dimaksud? Simak berikut ini!


1. Bawang-bawangan bisa merusak sel darah merah kucing sehingga menimbulkan anemia. Tak hanya dalam kondisi utuh, Anda juga harus menjauhkan kucing dari makanan yang mengandung bawang.


2. Susu sapi ternyata tak baik untuk kucing. Minuman itu akan membuatnya obesitas atau diare karena sebagian besar kucing tidak bisa mencerna laktosa.


3. Mayoritas kucing memang menolak ketika diberi anggur atau kismis. Walau begitu, hindarkan kedua makanan tersebut karena dapat menyebabkan gagal ginjal.


4. Cokelat. Walaupun mungkin kucing menyukainya, cokelat mengandung theobromine yang berbahaya untuknya. Zat itu dapat memicu diare, muntah, tremor, gagal jantung, hingga kematian.


5. Telur mentah. Selain mengandung bakteri Salmonella, ada pula zat avidin yang bisa memblokir penyerapan vitamin B. Kucing pun berisiko menderita penyakit kulit.


6. Ikan dan daging mentah juga tidak boleh diberikan ke kucing. Selain mengandung banyak bakteri, keduanya mengandung enzim thiamine yang juga bisa merusak vitamin B.


7. Jangan sering-sering berikan hati pada kucing, baik hati ayam, sapi, dan lainnya. Makanan itu akan memicu keracunan vitamin A. Akibatnya, kucing akan mengalami kelainan tulang dan osteoporosis.


8. Adonan kue yang masih mentah ketika dimakan akan mengembang di dalam perut kucing. Jika itu terjadi, kemungkinan terburuknya adalah kucing harus menjalani operasi.


9. Tuna memang makanan favorit kucing, namun tak baik jika mereka hanya makan makanan itu. Kucing akan malnutrisi dan berisiko keracunan merkuri yang ada di dalam tuna.


10. Jauhkan kopimu dari kucing. Kafein dapat menyebabkan tremor, meningkatnya detak jantung, kejang, hingga kesulitan bernapas pada kucing.


11. Minuman beralkohol tentu saja berbahaya untuk kucing. Dua sendok teh alkohol cukup untuk membuatnya koma. Jika Anda menambahkan satu sendok teh lagi, kucing akan mati.


12. Makanan anjing. Memang tak ada efek secara langsung, namun nutrisi di dalamnya tidak sesuai dengan pola diet kucing. Makanan itu tak mengandung vitamin A, taurine, dan jenis protein yang dibutuhkan si 'pus'.


13. Jangan berikan obat manusia ketika kucingmu sedang sakit. Anda tak tahu seberapa dosis yang mereka butuhkan. Lebih aman jika Anda membawanya ke dokter hewan.


***


Ternyata banyak juga, ya, makanan yang berbahaya untuk kucing. Maka dari itu, jangan sajikan makanan di atas untuk mereka dan jauhkan dari jangkauan mereka, ya. Misal dengan menaruhnya di tempat tinggi dan di dalam lemari yang tertutup.

Commentaires


bottom of page