top of page
  • Writer's pictureRaizel CDr

Rahasia Kucing yang Harus Kamu Ketahui!


Tak peduli berapa lama waktu yang telah kamu habiskan bersama kucingmu, mereka tetaplah hewan yang sulit dipahami. Itu karena hewan mamalia ini menyimpan banyak rahasia darimu. Mulai dari apa yang disukai, tidak disukai, hingga seperti apa pandangannya terhadap manusia.


Untungnya, para ahli berhasil mengungkap sejumlah rahasia tersebut ke permukaan. Dilansir dari laman https://goddessmoon.org, Yuk, ketahui agar kamu lebih paham dan peka dengan hewan kesayanganmu itu!


1. "Aku mendengkur bukan hanya karena sedang bahagia"


Secara umum, kucing mengeluarkan suara seperti dengkuran (purring) ketika mereka merasa senang. Namun hal ini sebenarnya memiliki banyak arti, lho. Kucing juga mendengkur ketika mereka kesakitan, gelisah, kelaparan, atau takut.


2. "Aku lebih suka tinggal di dalam rumah"


Kucing adalah hewan yang dulunya berasal dari alam liar. Itulah kenapa mereka masih memiliki insting yang kuat untuk berburu, bersembunyi, dan berlarian. Walaupun begitu, mereka kini sudah didomestifikasi sehingga lebih cocok dipelihara di dalam rumah.


3. "Meow, aku berbicara denganmu. Bukan dengan kucing lain"


Apakah kucingmu berisik dan terus mengeong di rumah? Itu tandanya, mereka belum mendapatkan perhatian dan apa yang mereka inginkan darimu, lho.


4. "Kamu aku anggap seperti ibuku sendiri"


Kucing sering melakukan hal-hal yang aneh, misalnya menggesekkan kepala ke kaki kita, memijat-mijat, hingga bahkan menjilat tubuh kita. Tahukah kamu bahwa ini semua dilakukannya karena mereka menganggapmu sebagai ibu atau induknya?


5. "Hanya karena aku memperlihatkan perutku, bukan berarti kamu bisa menyentuhnya"


Perut kucing adalah bagian paling lemah dari tubuhnya. Kamu tentu tahu selembut apakah area tersebut, kan? Itulah kenapa mayoritas kucing tidur dalam posisi tengkurap, bukan terlentang seperti manusia. Ini dilakukan untuk melindungi perutnya.


6. "Aku tidak selalu lapar, aku hanya ingin perhatianmu"


Kucing adalah ahlinya untuk berpura-pura lapar. Mereka akan mengeong, mencari perhatian, dan bahkan selalu minta makanan yang ada di piringmu. Akan tetapi, mereka sebenarnya tidak selalu lapar, hewan itu hanya ingin kamu memerhatikannya.


7. "Kamu tampak seperti kucing besar yang lemah dan tak bisa berburu"


Kucing ternyata tak hanya menganggapmu sebagai induknya. Kamu adalah kucing besar yang lemah dan ceroboh, lho. Dr. John Bradshaw, penulis buku Cat Sense mengatakan bahwa hal ini membuatnya ingin menjaga dan mengajarimu cara berburu.


8. "Aku tidak menyukainya tapi gigiku harus selalu dibersihkan"


Walaupun mereka selalu berontak dan menolak, gigi kucing harus dibersihkan secara rutin. Jika kamu tidak memedulikannya, kesehatannya akan terganggu hingga bahkan harus menjalani operasi.


9. "Aku ahli dalam menyembunyikan rasa sakit"


Kucing juga ahlinya dalam menyembunyikan rasa sakit. Ini merupakan sifat yang diturunkan oleh nenek moyangnya. Sebab di alam liar, ketika kucing tampak sakit, mereka akan menjadi sasaran empuk bagi predator.


10. "Ada waktunya aku ingin sendiri dan main denganmu"


Secara umum, kucing adalah hewan soliter yang suka menyendiri. Hal ini telah menjadi sifat aslinya sejak berada di alam liar. Namun setelah menjalani proses domestifikasi, kucing juga membutuhkan perhatian dan kasih sayang dari manusia.


***


Itulah sejumlah rahasia kucing yang disembunyikannya darimu. Nah, mulai sekarang, kamu sebaiknya berusaha mengenal dan memahami mereka, ya!

Comments


bottom of page