top of page
  • Writer's pictureRaizel CDr

Hewan Peliharaan yang Setia Kepada Manusia


Memelihara binatang bisa dilakukan sebagai salah satu cara untuk menghilangkan stres, menumbuhkan empati pada anak-anak, menghilangkan kesepian, dan sebagai hiburan. Biasanya, hewan yang paling sering dipilih sebagai hewan peliharaan adalah anjing.


Alasannya, hewan ini mudah beradaptasi dengan lingkungan rumah, mudah dirawat, dan dapat beradaptasi dengan manusia. Ditambah lagi, anjing dapat membangun ikatan dengan manusia dan menunjukkan kesetiaan pada pemiliknya.


Namun, selain anjing, ada juga binatang lain yang bisa membentuk ikatan dengan manusia dan juga setia. Karenanya, hewan-hewan ini juga layak dijadikan peliharaan.


Dilansir dari laman https://goddessmoon.org, Mari kita lihat apa saja hewan-hewan yang begitu setia dan bisa menjadi hewan peliharaan yang hebat.


1. Anjing


Anjing termasuk salah satu hewan yang paling setia terhadap tuannya. Anjing juga termasuk ke dalam klasifikasi hewan sosial, sudah seperti manusia yang makhluk sosial saja. Maka dari itu, secara alamiah, anjing juga penuh akan kasih sayang. Jika kamu sebagai tuannya memperlakukan anjing kamu dengan baik, dia bisa membalasnya lebih dari itu.


2. Kambing


Kambing mungkin jarang dipilih sebagai hewan peliharaan, tetapi penelitian telah membuktikan bahwa kambing sama pintarnya dengan anjing dan mampu membangun hubungan emosional dengan manusia, sama seperti hewan peliharaan pada umumnya.


3. Kucing


Kucing juga sudah sejak lama hidup dan beraktivitas di sekitar manusia, yang menyebabkan adanya ikatan yang cukup erat antara kucing dengan manusia.


Bahkan, meski sering terlihat suka menyendiri, ternyata kucing sebenarnya sangat dekat dengan kita. Penelitian menemukan bukti kuat bahwa kucing sensitif terhadap gerakan emosional manusia dan dapat membaca ekspresi wajah, katanya.


4. Kuda


Penelitian yang dilakukan di University of Sussex menunjukkan bahwa kuda memiliki kapasitas yang kuat untuk mengenali emosi manusia dan ekspresi wajah positif serta negatif. Hewan ini juga sangat sensitif terhadap kecemasan dan stres sehingga mereka dapat menangkap emosi kita.


5. Kelinci


Kelinci adalah hewan yang bisa membuat siapa saja terpesona karena bulunya yang sangat indah dan lembut. Ditambah, bentuk wajah dan tingkah lakunya yang lucu membuat hewan ini tampak selalu menggemaskan.


6. Burung beo


Burung dalam keluarga burung beo adalah hewan yang sangat sosial, mudah beradaptasi, dan sangat cerdas. Jika memelihara burung beo, kamu akan merasakan suatu hubungan dan dapat menikmati interaksi dengan hewan ini.


***


Walaupun secara alami hewan-hewan tersebut mampu membangun ikatan dan setia kepada manusia, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk menumbuhkan sifat ini. Kamu perlu menunjukkan kasih sayang, merawat dengan baik, melatih, bahkan memelihara mereka sejak masih bayi.

Jadi, hewan mana nih yang kamu pilih untuk dipelihara?

6 views0 comments

Comments


bottom of page