top of page
  • Writer's pictureRaizel CDr

Jenis Kucing Liar di Hutan, Imut tapi Sangat Buas!


Dari kucing berkaki hitam yang seukuran kelinci di Afrika Selatan hingga harimau Siberia seberat 320 kilogram dari Timur Jauh Rusia, keluarga kucing mewakili beberapa hewan yang paling menarik dan menakjubkan di muka bumi dan ada begitu banyak jenis kucing liar.


Pada umumnya, mereka masih tampak seperti kucing yang imut dan memiliki tubuh kecil hingga sedang. Akan tetapi jangan tertipu dengan penampilannya. Kucing liar memiliki insting berburu yang kuat, tak mau didekati ataupun disentuh manusia, dan sangat lincah bergerak di alam bebas.


Dilansir http://ligaemas3.com, Ingin tahu apa saja jenis kucing liar yang ada di berbagai belahan dunia? Simak penjelasannya berikut ini!


1. Kucing pasir


Kucing pasir atau Felis margarita merupakan kucing liar dengan tubuh terkecil di dunia. Mereka memiliki ciri khas berupa kepala yang tampak melebar ke samping. Mereka berhabitat di area gurun, seperti di Afrika, Maroko, Nigeria, dan Algeria.


2. Canadian lynx


Canadian lynx adalah salah satu kucing liar terpopuler di dunia. Ciri fisik mereka cukup berbeda dari lainnya, lho. Spesies ini punya tubuh yang besar, kaki panjang dan berotot, bulu yang lebat, serta telinga runcing.


3. Caracal


Caracal memiliki penampilan yang tak kalah unik. Ciri khasnya adalah bulu yang berwarna oranye serta telinga yang runcing dengan bulu hitam di bagian ujungnya. Dari penampilannya, Caracal tampak imut seperti kucing domestik.


4. Pallas's cat


Pallas's cat atau yang dikenal juga sebagai Manul memiliki penampilan yang cukup mengerikan dari luar. Bulunya panjang dan lebat serta ekspresinya sangat galak seperti siap menerkam kapan saja.


5. Black-footed cat


Apa yang terlintas di pikiranmu ketika melihat gambar kucing ini? Tentunya imut banget, kan? Black-footed cat atau Felis nigripes memiliki tubuh yang sangat kecil jika dibandingkan dengan kucing hutan lain. Ditambah lagi, wajah yang bulat, kaki pendek, dan corak tubuhnya yang unik menambah tingkat keimutannya.


6. Andean mountain cat


Andean mountain cat memiliki penampilan yang tak kalah imut dari kucing domestik. Dengan bulu berwarna abu kecokelatan, mereka bisa berkamuflase dengan baik di bebatuan. Ekornya sangat panjang dan diselimuti bulu yang tebal.


7. Geoffroy


Walaupun memiliki corak seperti macan tutul, kucing Geoffroy memiliki raut wajah yang imut. Kucing yang satu ini berhabitat di Amerika Selatan. Tubuhnya tak jauh berbeda dari kucing domestik, yaitu memiliki berat sekitar 2 hingga 5 kilogram.


***


Selain yang disebutkan di atas, masih banyak kucing liar lain yang hidup di hutan. Mulai dari Pampas, Kodkod, serval, Asian golden cat, Margay, dan lain sebagainya. Jika Anda bertemu mereka, jangan pernah mencoba menyentuh atau mendekatinya, ya. Ketika merasa terancam, mereka tak ragu untuk menyerang!

Comentarios


bottom of page