top of page
  • Writer's pictureRaizel CDr

Tanda Anjing Membutuhkan Pertolongan Dokter!


Saat Anda memutuskan untuk adopsi anjing. Itu berarti Anda harus memahami bagaimana cara merawat anjing yang benar. Selain menyenangkan merawat mereka, anjing juga adalah hewan peliharaan yang sangat setia.


Sayangnya, meski sayang pada anjing peliharaannya, tidak sedikit orang abai akan kesehatan anjing kesayangannya dan baru menyadari kondisinya setelah si anjing sekarat. Nah buat Anda yang enggak mau mengalami hal serupa, dilansir dari https://thedonnellygroup.com, berikut ini tanda anjing Anda membutuhkan pertolongan dokter segera!


1. Kebiasaan makan berubah


Seperti manusia, anjing peliharaan kita juga kadang melewatkan waktu makan sekali atau dua kali. Tapi ketika dia menolak makan lebih dari 24 jam, maka jelas ada sesuatu yang salah dengan kondisi kesehatan anjing tersebut. Pasalnya, beberapa penyakit tertentu pada anjing juga mempengaruhi kebiasaan makan mereka setiap hari.


2. Begitu juga dengan kebiasaan minum dan buang air kecil


Walaupun kedengarannya sepele, kebiasaan minum dan buang air ternyata juga bisa menggambarkan kondisi seekor anjing. Ketika anjing peliharaanmu meminum terlalu banyak dan akhirnya buang air kecil terlalu sering, bisa jadi karena dia mengidap satu penyakit tertentu.


3. Anjing peliharaan Anda muntah


Bagi manusia, muntah bisa jadi gejala awal untuk mendeteksi sebuah penyakit. Bagi seekor anjing, muntah sekali atau dua kali adalah hal yang wajar. Bisa jadi karena anjing kesayangan Anda salah makan, dan tubuhnya berusaha mengeluarkan makanan tersebut dengan cara memuntahkannya.


4. Perubahan warna feses


Setelah pola makan, minum, dan buang air, perubahan warna kotoran juga bisa jadi salah satu cara untuk memastikan kesehatan anjing peliharaan. Anjing yang sehat umumnya akan memiliki feses yang kecil, keras, dan lembap.


5. Berat badan turun tiba-tiba


Sama seperti manusia, anjing atau hewan peliharaan juga bisa mengalami kenaikan atau penurunan berat badan. Yang tidak wajar, ketika anjing kesayangan Anda mengalami penurunan berat badan drastis dalam waktu singkat.


6. Terlihat lesu dan lelah


Anjing yang sehat tidak akan pernah menolak untuk jalan-jalan dan bermain. Apalagi kalau yang ngajak main adalah tuannya. Beda cerita, kalau anjing yang Anda ajak main sedang sakit. Tidak dipungkiri, anjing kadang terlihat lesu dan lelah saat cuaca panas.


7. Matanya merah, atau mengedipkan mata berkali-kali


Bukan hanya pencernaan, kondisi mata anjing peliharaan juga tidak boleh luput dari pengawasanmu. Mata yang bermasalah biasanya akan tampak berkaca-kaca, merah, bengkak, atau robek.


8. Kejang-kejang


Kalau beberapa gejala di atas masih bisa ditunggu satu atau dua hari, khusus gejala satu ini, Anda tidak boleh mengabaikannya. Kejang apalagi sampai terjadi beberapa kali pada anjing mengindikasikan bahwa ada penyakit serius seperti epilepsi.


***


Anjing mungkin tidak akan menunjukkan bahwa mereka sakit. Tapi setidaknya, Anda bisa memperhatikannya secara detail untuk mengetahui kondisinya.

Comments


bottom of page