top of page
  • Writer's pictureRaizel CDr

Spesies Hewan Ini Sangat Mirip dengan Daun


Setiap hewan yang hidup di alam pasti dibekali dengan kemampuan untuk bertahan hidup, baik kaitannya dengan memangsa atau melindungi diri dari pemangsa.


Nah, hewan-hewan apa saja yang sangat mirip dengan daun, ya? Daripada penasaran, lebih baik Anda baca artikel fauna ini hingga tuntas.


1. Ikan daun


Melansir dari laman https://orionhotelcrete.com, Ikan daun atau Monocirrhus polyacanthus adalah salah satu spesies ikan yang bentuk tubuhnya sangat menyerupai daun. Dicatat dalam laman Britannica, habitat ikan daun adalah air tawar, tapi tidak menutup kemungkinan ikan ini dapat hidup di lingkungan air payau.


2. Kupu-kupu daun


Kupu-kupu daun atau oakleaf butterfly adalah spesies kupu-kupu yang memiliki kemampuan penyamaran layaknya daun kering. Dikutip https://orionhotelcrete.com, Tentu kemampuan hebat ini akan mengelabui banyak predator karena memang sangat sulit dibedakan dengan daun biasa.


3. Serangga daun raksasa


Jika Anda melihat serangga di atas, pastinya Anda akan mengira serangga tersebut adalah potongan daun biasa. Serangga dengan nama ilmiah Phyllium giganteum tersebut memang merupakan salah satu spesies hewan yang memiliki tubuh layaknya daun, bahkan dapat dikatakan hampir tak ada perbedaan dengan daun.


4. Serangga lumut


Serangga lumut atau tongkat jalan berlumut adalah salah satu spesies dari sekitar 3.000 spesies serangga yang bergerak lambat dan menyerupai lumut, Biasanya mereka juga dibekali dengan duri yang tajam dan bau yang cukup menyengat.


5. Tokek daun


Apakah Anda bisa membedakan antara tokek dan daun pada gambar di atas? Faktanya, tokek daun atau Uroplatus phantasticus adalah spesies reptil yang paling mirip dengan daun. Tokek daun hanya dapat ditemukan di Madagaskar karena memang hewan yang masuk dalam famili Gekkonidae tersebut adalah endemik Madagaskar.


***


Itulah spesies hewan yang sangat mirip dengan daun. Nah, apakah Anda bisa membedakan mereka dengan daun? Rupanya, cara mereka beradaptasi di alam liar memang sangat unik, ya!



2 views0 comments

Comments


bottom of page