top of page
  • Writer's pictureRaizel CDr

Mamalia Darat Terbesar di Amerika Utara


Dunia hewan menyimpan keunikan dan bakal membuat takjub yang melihatnya. Anda tahu seberapa besar mamalia darat terbesar di amerika?


Namun, sebenarnya, kawasan ini juga menjadi rumah bagi banyak jenis hewan yang menakjubkan, contohnya mamalia. Meski gak ada mamalia besar seperti gajah maupun badak di Amerika Utara, tahukah anda bahwa wilayah ini juga dihuni oleh banyak mamalia darat berukuran besar?


Dilansir https://goddessmoon.org, Ini dia spesies yang terbesar diurutkan berdasarkan bobot tubuhnya.


1. Bison amerika


Inilah mamalia darat terbesar yang menghuni kawasan Amerika Utara. Bison amerika (Bison bison) adalah satu dari dua spesies bison yang ada di dunia. Hewan keluarga kerbau ini bisa mencapai panjang 3,8 meter dan berat lebih dari 1 ton.


2. Beruang kutub


Beruang kutub adalah karnivor darat terbesar di dunia. Beruang kutub (Ursus maritimus) bisa ditemui di kawasan sekitar Arktik hingga ke Alaska dan Kanada. Beruang ini bisa mencapai berat 800 kg dan panjang 2,5 meter.


3. Beruang cokelat


Sering dianggap mamalia karnivor paling berbahaya di Amerika Utara, beruang cokelat (Ursus arctos) memang pantas ditakuti, salah satunya karena ukurannya yang luar biasa karena bisa mencapai panjang 2 meter dan berat 680 kg.


4. Rusa besar


Rusa besar (Alces alces) alias moose adalah spesies rusa terbesar di dunia. Britannica menyebut bahwa mereka bisa mencapai berat 600 kg dan tinggi 2 meter hingga ke bahu.


5. Elk


Disebut juga wapiti atau rusa merah, elk (Cervus elaphus) adalah salah satu spesies rusa terbesar di dunia. Ukuran mereka bisa mencapai panjang 2,7 meter dan berat sekitar 500 kg.


6. Beruang hitam amerika


Beruang hitam amerika merupakan salah satu dari tiga spesies beruang yang bisa ditemukan di Amerika Utara. Beruang hitam amerika (Ursus americanus) bisa mencapai ukuran panjang 2 meter dan berat lebih dari 400 kg.


7. Muskox


Muskox (Ovibos moschatus) adalah hewan dari keluarga kerbau yang sangat cocok menghuni wilayah Amerika Utara hingga ke Alaska. Itu karena tubuh mereka dilapisi dengan rambut yang panjang dan lebat.


8. Rusa kutub


Rusa kutub (Rangifer tarandus) yang terkenal sebagai rusa penarik kereta Santa Claus juga hidup di Amerika Utara. Bernama lain caribou, rusa kutub bisa mencapai ukuran 317 kg, sementara tingginya sekitar 1,5 meter.


9. Rusa keledai


Spesies rusa yang satu ini memiliki nama unik, yaitu rusa keledai (Odocoileus hemionus). Sebutan itu diberikan karena telinga mereka yang besar dan tampak seperti telinga keledai.


10. Rusa ekor putih


Di urutan ke-10, ada rusa ekor putih (Odocoileus virginianus) yang terdapat di Kanada dan Amerika Serikat hingga ke Bolivia di Amerika Selatan. Mereka adalah spesies rusa terkecil di Amerika Utara.


***


Itulah dia mamalia darat terbesar yang hidup di kawasan Amerika Utara. Ukuran mereka bikin takjub, ya!

Comentários


bottom of page