top of page
  • Writer's pictureRaizel CDr

Kemampuan Hewan Berburu yang Brutal


Dunia binatang adalah dunia yang kejam. Mereka harus saling berburu karena rantai makanannya, dan tentunya ada berbagai cara untuk memenuhi hal tersebut. Berikut beberapa hewan yang cara berburunya bisa dibilang brutal karena berbagai alasan.


1. Elang emas


Dengan cakarnya yang kuat dan paruhnya yang kokoh, elang emas mampu menyambar berbagai rupa mangsa yang berukuran lebih kecil darinya. Tapi benarkah seperti itu? Ada video viral di YouTube yang mana elang emas ini menyambar kambing, mengangkatnya lalu membunuhnya dengan cara dijatuhkan.


2. Deinopidae


Dilansir https://thedonnellygroup.com, Laba-laba ini punya cara berburu yang berbeda ketimbang laba-laba lainnya. Deinopidae tidak membuat sarang, melainkan rajutan dari jaring. Nantinya ketika ada mangsa yang mendekati, laba-laba ini akan langsung menangkap korban itu dengan rajutannya.


3. Burung sekretaris


Cantik, tapi mematikan. Burung sekretaris memiliki kuku besar yang kuat dan mampu membunuh lawannya dengan tendangan dan sobekan yang ditimbulkan. Beruntung kebanyakan mangsa dari burung cantik ini ialah ular sehingga manusia tidak terancam bahaya. Walau demikian, jangan berbuat ulah dengan burung sekretaris.


4. Ikan pemanah


Jika Anda mencari penembak jitu di alam, maka itu merupakan ikan pemanah. Walau berada di dalam air, ikan pemanah mampu melumpuhkan mangsanya yang berada di darat dengan menembakkan peluru air.


Peluru ini cepat, membuatnya bisa melumpuhkan serangga makanannya. Yang mengerikan adalah keakuratannya mengingat ada titik bias di dalam air dengan di luar air.


5. Lumba-lumba hidung botol


Lumba-lumba merupakan makhluk hidup laut kawan manusia. Perlu Anda ketahui saja, dalam hal perburuan ternyata lumba-lumba hidung botol bergerak secara berkelompok dan memaksa buruannya keluar dari sarang dengan jaring lumpur.


Nantinya ikan-ikan makanan itu akan meloncat keluar dan lumba-lumba hidung botol akan menunggu ikan untuk meloncat ke mulut.


6. Komodo


Sebagai kadal terbesar yang ada, bersaing dengan buaya, komodo tidaklah membunuh mangsanya dengan gigitan mematikan. Dia hanya melukainya saja.

Namun dalam luka itu terdapat beragam bakteri mematikan yang melumpuhkan mangsa dan nantinya berakhir dimakan hidup-hidup oleh sang kadal.


7. Belut listrik


Belut listrik bisa diibaratkan sebagai pembawa kematian dalam bentuk kursi listrik di dunia hewan. Ketika bertemu korbannya, belut ini akan langsung menyengat mangsanya dengan tegangan listrik yang tinggi, membuat mangsanya jatuh pingsan bahkan langsung mati.


8. Ikan katak


Ikan ini sama sekali tidak ada cantik-cantiknya. Bentuknya jelek atau malahan terbilang unik. Namun demikian ikan katak merupakan pemburu yang hebat karena memiliki kemampuan mimikri.


Salah satu bagian tubuhnya akan dibuat seperti cacing yang mengundang perhatian mangsanya. Saat sang mangsa mendekat, maka ikat katak akan langsung melahapnya.


9. Margay


Margay mungkin tidak sebesar kucing saudaranya macam singa atau harimau. Akan tetapi margay memiliki tingkat keberhasilan perburuan yang cukup tinggi karena adanya kemampuan untuk mengeluarkan suara.


Suaranya menyerupai suara monyet. Ini diprediksi merupakan cara berburunya untuk mengundang mangsanya.


10. Glowworm


Inilah yang menjadi penyebab beberapa area di Selandia Baru bisa menyala di malam hari dan tampak begitu indah. Akan tetapi glowworm yang memiliki bioluminiscence ini ternyata punya tujuan sebagai alat berburu.


Cahayanya menarik banyak perhatian serangga dan serangga yang terlalu dekat akan menempel akibat jaring glowworm. Satu fakta unik lagi: walau namanya glowworm, dia sebenarnya semacam serangga.


***


Bisa Anda lihat sendiri bagaimana sebagian besar hewan yang punya cara berburu brutal ini malah bukan hewan buas. Itu artinya penampilan bisa menipu.

Bukankah itu seperti manusia? Terkadang ada yang penampilannya biasa saja, ternyata di baliknya mengerikan. Benar begitu?

Comments


bottom of page