top of page
  • Writer's pictureRaizel CDr

Jenis Bintang Laut Terunik di Dunia!


Bintang laut adalah hewan yang populer karena bentuknya yang unik seperti bintang. Kamu pasti tahu hewan ini dan mungkin pernah melihatnya secara langsung. Meski berbentuk unik, sekilas tidak ada yang luar biasa dari hewan ini.


Tapi bintang laut terdiri dari banyak spesies, dan sebenarnya ada spesies-spesies yang memiliki keunikan tersendiri dibanding spesies lainnya. Dikutip https://firetedthompsonnow.com, Mau tahu seperti apa keunikannya? Ini dia spesies bintang laut terunik di dunia.


1. Bintang laut brisingid


Brisingid sendiri adalah sebutan untuk bintang laut yang tergabung dalam ordo Brisingida dan terdiri dari sekitar 70 spesies. Jumlah tangan mereka gak hanya 5, tapi 6 hingga 16 buah, dan mereka menggunakan tangannya untuk menangkap mangsanya.


2. Morning sun star


Bernama latin Solaster dawsoni, bintang laut yang satu ini memiliki antara 8 hingga 16 tangan. Ukuran mereka cukup besar, yaitu bisa mencapai diameter 50 cm. Merupakan predator, bintang laut ini bisa bergerak lincah di dasar laut guna menangkap mangsa berupa bintang laut lain, bahkan terkadang spesiesnya sendiri!


3. Bintang laut bunga matahari


Bintang laut bunga matahari (Pycnopodia helianthoides) memiliki jumlah tangan terbanyak yaitu hingga 24 tangan. Mereka juga merupakan salah satu bintang laut terbesar dengan diameter mencapai 1 meter dan berat hingga 5 kg.


4. Midgardia xandaros


Bintang laut ini memiliki diameter yang luar biasa, yaitu mencapai 1,38 meter! Midgardia xandaros sendiri adalah salah satu spesies bintang laut brisingid. Dengan demikian, mereka sekaligus adalah spesies bintang laut brisingid terbesar, bahkan spesies hewan Echinodermata terbesar di dunia!


5. Patiriella parvivipara


Seberapa kecil bintang laut ini? Diameter mereka hanya mencapai 1 cm saja! Jumlah tangan mereka biasanya adalah 6 buah. Mereka merupakan endemik Australia bagian selatan, tepatnya di sekitar Semenanjung Eyre.


6. Bintang laut pink


Namanya adalah bintang laut pink (Pisaster brevispinus). Mereka memiliki ukuran yang cukup besar yaitu diameter hingga 60 cm dan berat 900 gram. Mereka adalah pemakan moluska bercangkang seperti kerang, teritip, maupun cacing tabung.


7. Bintang laut bantal


Yap, bintang laut bernama latin Choriaster granulatus ini memiliki tangan yang pendek dan tebal sehingga membuat mereka tampak seperti bantal. Bintang laut ini berdiameter hingga 25 cm dan bisa ditemukan di lautan Indonesia.


8. Bintang laut mesir


Bintang laut mesir (Gomophia egyptiaca) hidup di perairan sekitar Afrika Timur dan Samudera Hindia, termasuk di wilayah Indonesia. Seperti bintang laut pada umumnya, bintang laut mesir memiliki kemampuan regenerasi yang hebat jika terluka. Namun perlindungan berupa duri-duri tajam biasanya sudah cukup untuk membuat predator menjauhi mereka.


9. Bintang laut mahkota duri


Bintang laut mahkota duri (Acanthaster planci) memiliki tangan berjumlah hingga 23 buah. Merupakan pemakan koral, bintang laut ini bisa menyebabkan kerusakan terumbu karang yang cukup parah. Kerusakan itu terutama bisa terjadi ketika aktivitas manusia membuat koral stres sehingga lebih mudah dimangsa oleh bintang laut ini.


10. Bintang laut bantal jarum


Disebut bintang laut bantal jarum (Culcita novaeguineae), bintang laut yang satu ini berbentuk sangat unik karena memiliki tangan yang sangat pendek hingga nyaris tidak terlihat. Tapi mereka ada sangat berguna bagi ekosistem, karena hewan seperti udang dan ikan kecil kerap tinggal di dalam celah tubuhnya.


***


Unik banget ya penampakan bintang laut di atas, baik dalam hal ukuran, penampilan, maupun kebiasaannya. Gimana, ternyata hewan sederhana seperti bintang laut pun bisa memiliki keanekaragaman yang luar biasa, bukan?

Comments


bottom of page