top of page
  • Writer's pictureRaizel CDr

Hewan yang Dinyatakan Punah di Alam Bebas


Punah di alam liar merupakan status konservasi yang diberikan kepada spesies yang hanya diketahui berada di tempat penangkaran atau di luar habitat alami mereka.


Melansir laman https://jeoleuro.com, Ada pula beberapa spesies hewan yang saat ini nasibnya berada di ujung tanduk karena berstatus punah di alam bebas. Status itu sendiri berarti spesies hewan tersebut hanya bisa ditemukan di penangkaran, dan sudah tidak ada di alam bebas. Inilah contoh hewan yang mendapat nasib menyedihkan itu.


1. Gagak hawaii


Gagak hawaii (Corvus hawaiiensis) adalah spesies gagak endemik Kepulauan Hawaii. Selama ratusan tahun gagak ini mendiami hutan di Kepulauan Hawaii dan mendapat sebutan 'penjaga hutan' oleh penduduk asli. Tapi di tahun 2002 populasinya semakin merosot dan akhirnya dinyatakan punah di alam bebas. Hanya tinggal populasi di penangkaran yang masih bertahan.


2. Rusa pere david


Rusa pere david (Elaphurus davidianus) merupakan sejenis rusa endemik Tiongkok. Laman World Wildlife menyebut bahwa rusa ini sangat unik karena punya kepala seperti kuda, ekor seperti keledai, dan kuku seperti sapi. Kaki mereka bahkan memiliki selaput yang digunakan untuk berenang.


3. Kadal skink ekor biru


Sementara kadal skink ekor biru (Cryptoblepharus egeriae) pernah merasakan kepunahan dari habitat asli mereka di Christmas Island, pulau di sebelah selatan Pulau Jawa yang merupakan bagian teritori Australia. Laman ABC menyebut bahwa populasi kadal ini sempat menurun drastis dan akhirnya punah di alam bebas pada 2009.


4. Labi-labi hitam


Labi-labi adalah jenis kura-kura yang bercangkang lunak, dan salah satu spesiesnya merupakan labi-labi hitam (Nilssonia nigricans). Hewan ini hidup di India dan Bangladesh dan mendapat status punah di alam bebas pada 2002 dari IUCN alias Uni Internasional untuk Konservasi Alam.


5. Macaw spix


Burung macaw spix (Cyanopsitta spixii) yang cantik pun kini mengalami nasib miris yaitu punah di alam liar. Burung yang disebut juga macaw biru kecil ini merupakan endemik Brasil. Namun mereka telah lenyap dari habitat aslinya dan hanya hidup di penangkaran. Laman Animalia bahkan menyebut burung ini sebagai spesies macaw terlangka di dunia.


***


Hewan di atas hanya sebagian kecil dari hewan-hewan di dunia yang kini sudah dinyatakan punah di alam bebas. Mereka memang masih hidup di penangkaran, tapi tanpa usaha penyelamatan oleh manusia, bisa jadi mereka akan benar-benar punah di masa depan. Semoga hal itu tidak terjadi ya!

3 views0 comments

Comments


bottom of page