top of page
  • Writer's pictureRaizel CDr

Hewan Terancam Punah Ini Kini Sudah Kembali Pulih


Akibat ulah manusia yang merusak ekosistem dan melakukan perburuan liar, sejumlah hewan menjadi punah. Seperti burung dodo, harimau Tasmania, sapi laut Steller dan masih banyak lagi. Ada pula hewan-hewan yang diprediksi telah punah, namun hewan ini ditemukan kembali bertahun-tahun setelahnya dalam kondisi hidup!


Tapi, berkat dilarangnya perburuan terhadap hewan yang dilindungi dan kerja keras para konservasionis, beberapa hewan yang mulanya terancam punah bisa pulih kembali jumlahnya. Lalu apa sajakah hewan terancam punah yang saat ini sudah kembali pulih jumlahnya?


Dikutip dari laman https://stof-dk.com, Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.


1. Paus bungkuk


Pada tahun 1970, pemerintah AS mendaftarkan semua paus bungkuk sebagai hewan terancam punah akibat adanya kegiatan perburuan paus komersial yang mengakibatkan berkurangnya jumlah paus bungkuk secara drastis.


2. Kura-kura raksasa Española Galapagos


Kura-kura raksasa Española Galapagos dapat kembali lagi ke pulau asalnya Española kembali setelah upaya konservasi untuk memperkenalkan mereka kembali ke habitat aslinya terbukti berhasil pada tahun 2014. Mulanya, pada tahun 1960-an, hanya tersisa 15 ekor raksasa lembut ini akibat adanya perburuan berlebihan dan perpindahan oleh spesies invasif yang berdampak pada populasi kura-kura ini.


3. Panda


Status panda diturunkan dari terancam punah menjadi rentan pada tahun 2016, setelah melalui upaya terkonsentrasi untuk melestarikan habitat mereka selama bertahun-tahun. Sekarang ada 67 habitat di China yang didedikasikan untuk menyediakan tempat tinggal yang aman bagi panda.


4. Manate


Pada tahun 70-an, manate atau lembu laut pernah masuk dalam spesies yang terancam punah, dan populasi mereka di Florida hanya mencapai ratusan. Kemudian, pada pada tahun 2017, ada lebih dari 6.000 manate liar di perairan Floridian.


5. Aligator Amerika


Tingginya tingkat perburuan dan hilangnya habitat membuat orang-orang zaman dulu menganggap bahwa populasi aligator Amerika tidak mungkin pulih. Hewan dianggap terancam punah bahkan sebelum Endangered Species Act ditetapkan menjadi undang-undang.


***


Demikianlah beberapa hewan yang pernah terancam punah tapi dapat pulih kembali. Walaupun begitu, bukan berarti sekarang semua hewan ini aman dari ancaman kepunahan. Tetap jaga lingkungan dan cegah perburuan liar agar habitat dan keberadaan hewan-hewan ini tetap aman.

2 views0 comments

Comments


bottom of page