top of page
  • Writer's pictureRaizel CDr

Hewan Liar yang Kini Banyak Dijadikan Peliharaan


Hewan lucu akan mengubah perasaan dan pikiran seseorang menjadi ceria dan segar kembali. Sebab, hewan lucu tersebut dapat mengurangi tingkat stress akibat rutinitas sehari-hari. Terlebih apabila Anda memiliki hewan lucu ini sebagai peliharaan di rumah.


Dikutip dari laman https://orionhotelcrete.com, Namun kini istilah tersebut semakin luas seiring dengan berkembangnya minat masyarakat terhadap hewan. Bukan yang imut saja, kini bahkan banyak hewan liar yang dijadikan peliharaan. Penasaran apa sajakah itu? Yuk, simak berikut ini!


1. Sugar glider


Tahukah Anda bahwa si imut nan kecil ini awalnya merupakan hewan liar? Sugar glider termasuk ke dalam hewan berkantung yang masih bersaudara dengan kangguru. Pada awalnya, mereka banyak tinggal di hutan, tepatnya di atas pohon tinggi yang berlubang.


2. Rubah fennec


Telinga yang besar dan matanya yang berkilauan, sulit untuk gak jatuh cinta dengan rubah fennec. Mereka adalah spesies rubah paling kecil dan jinak sehingga bukan hal yang sulit untuk membiasakannya tinggal dengan manusia.


3. Ular


Ular memiliki pesonanya sendiri hingga banyak orang yang ingin menjadikannya peliharaan. Walaupun begitu, gak semua jenis ular bisa dipelihara. Anda hanya bisa merawat spesies yang gak berbisa.


4. Wallaby


Wallaby adalah hewan berkantung yang berhabitat di Australia. Hingga kini sebenarnya wallaby banyak tinggal di hutan, tepatnya di semak-semak, rawa, dan padang rumput. Namun hewan imut ini sudah banyak dijinakkan dan dijadikan hewan peliharaan.


5. Sigung


Pernahkah Anda melihat orang yang memelihara sigung? Hewan liar ini memang jarang dilihat di Indonesia tapi kini sudah cukup populer dijadikan peliharaan dengan izin terlebih dahulu. Lalu bagaimana orang-orang itu bisa tahan dengan baunya?


6. Musang


Dulunya, musang dianggap hama karena suka mencuri makanan dan mengganggu ternak. Namun siapa sangka, ternyata hewan yang satu ini bisa dijadikan peliharaan yang manis. Bahkan sudah banyak orang yang memelihara musang di Indonesia.


7. Iguana


Iguana adalah hewan liar berikutnya yang sering dijadikan peliharaan. Reptil yang satu ini sebenarnya banyak tinggal di gurun dan hutan. Hal ini terlihat dari karakteristik tubuhnya. Ia memiliki cakar yang tajam agar bisa bertengger di pohon. Warnanya pun menyesuaikan dengan habitat.


8. Kucing serval


Kucing serval adalah kucing hutan dengan tubuh yang jauh lebih besar daripada kucing biasa. Mereka berbeda dengan kucing Savannah, Bengal, dan Ashera yang sudah dijinakkan dan dikawinkan dengan ras domestik. Serval benar-benar datang dari alam liar.


***


Nah, jika Anda tertarik untuk memelihara hewan-hewan di atas, Anda harus banyak riset dulu sebelumnya. Carilah apa yang mereka suka dan gak suka, lingkungan yang cocok untuk memelihara, hingga cara perawatannya.

Comentarios


bottom of page