top of page
  • Writer's pictureRaizel CDr

Hewan dengan Bentuk Super Unik


Alam tak hanya menyediakan keindahan yang dapat dinikmati oleh manusia. Kadang alam juga dapat bercanda. Sebab dalam beberapa hal, terdapat hewan-hewan dengan bentuk lumayan aneh dan bikin orang geleng-geleng kepala.


Nah, kali ini kita akan membahas tentang beberapa hewan yang punya keunikan luar biasa dalam hal bentuk. Mengutip laman https://manutdnetwork.com, Hewan-hewan ini mempunyai bentuk tubuh yang justru mengingatkan kita pada benda lain. Penasaran? Ini dia enam hewan yang seperti itu.


1. Ubur-ubur telur goreng


Melihat foto ubur-ubur ini, Anda pasti setuju bahwa nama ubur-ubur telur goreng (Cotylorhiza tuberculata) adalah nama yang sangat cocok. Yap, dilihat dari atas, bagian medusa ubur-ubur ini memang persis seperti telur goreng mata sapi! Tak hanya bentuknya, tapi juga warnanya pun sangat mirip.


2. Siput pisang


Hewan yang satu ini juga punya bentuk dan warna yang sangat menyerupai makanan, yaitu pisang. Siput pisang merupakan sebutan untuk tiga spesies siput yang tergabung dalam genus Ariolimax. Mereka semua hidup di kawasan Amerika Utara, mulai dari California hingga Alaska.


3. Lili laut


Ada pula hewan yang bentuk tubuhnya sangat menyerupai tumbuhan, misalnya lili laut. Lili laut adalah sebutan untuk hewan invertebrata dalam kelas Crinoidea. Mereka masih berkerabat dengan bintang laut, landak laut, dan teripang.


4. Cacing pohon natal


Berikutnya ada cacing pohon natal (Spirobranchus giganteus), sejenis cacing laut yang memiliki bentuk serta penampilan persis seperti pohon natal alias pohon cemara. Cacing ini memiliki duri yang mencuat dari tubuhnya serta ditumbuhi semacam struktur mirip rambut, sehingga tampak seperti pohon.


5. Cumi-cumi vampir


Sementara cumi-cumi vampir (Vampyroteuthis infernalis) punya tubuh yang terlihat seperti payung ketika sedang membentangkan tangannya. Pose tersebut mereka tunjukkan saat sedang merasa terancam. Tapi meski tampak menyeramkan, sebenarnya mereka gak berbahaya bagi manusia.


6. Ular penis


Last but not least, bentuk hewan yang satu ini pasti mengingatkanmu akan sesuatu yang mungkin terkesan menjijikkan. Yap, bukan tanpa alasan ular penis (Atretochoana eiselti) mendapat namanya tersebut karena bentuk mereka memang sangat mirip penis! Uniknya lagi, hewan ini sebenarnya bukan ular tapi merupakan spesies amfibi.


***


Enam hewan di atas hanya sedikit contoh tentang betapa beragamnya hewan yang hidup di dunia ini. Pastilah mempelajari mereka semakin menambah kekaguman kita terhadap dunia hewan, dan tentunya terhadap Sang Pencipta!

2 views0 comments

Comentários


bottom of page