top of page
  • Writer's pictureRaizel CDr

Fakta Unik Kotoran Hewan


Salah satu proses yang sangat penting untuk kelangsungan hidup makhluk hidup adalah defekasi. Defekasi sendiri adalah proses terakhir dari pencernaan, yaitu proses pembuangan kotoran yang biasa kita sebut sebagai buang air besar. Tanpa proses tersebut, makhluk hidup bisa keracunan zat-zat sisa yang berbahaya, dan akibatnya bisa fatal.


Semua jenis hewan tentu melakukan proses buang air besar. Namun kebiasaan setiap hewan saat buang air besar ternyata cukup beragam. Berikut ini adalah fakta unik seputar proses buang air besar pada hewan.


Dikutip dari https://goddessmoon.org, Sebagai pengingat, beberapa fakta berikut mungkin akan terdengar menjijikkan buatmu. So, sebaiknya jangan baca artikel ini sambil makan ya!


1. Kucing mengubur kotorannya supaya tidak terdeteksi oleh predator


Kamu tentu tahu bahwa kucing punya kebiasaan mengubur kotorannya setiap kali buang air besar. Mungkin kamu mengira kucing melakukan itu karena mereka adalah hewan yang cinta kebersihan. Tapi sebenarnya bukan itu alasannya. Lalu apa?


Kucing domestik adalah keturunan kucing liar, maka mereka pun melakukannya. Tujuannya sendiri adalah supaya kucing besar serta hewan predator lain tidak mengetahui keberadaan mereka. Maka meskipun di rumahmu tidak ada hewan predator besar, kucing peliharaanmu tetap mengubur kotorannya secara naluri untuk menghindari bahaya.


2. Llama membuang kotoran di toilet umum


Llama (Lama glama), yaitu sejenis hewan mirip unta yang hidup di Amerika Selatan, memiliki kebiasaan unik saat buang air besar. Llama hidup berkelompok, dan sebuah kelompok llama akan buang air besar di satu tempat yang sama, alias di toilet umum mereka.


3. Badak bisa mengetahui banyak informasi soal badak lain dari kotorannya


Hewan yang menggunakan toilet umum bukan hanya llama dan alpaca. Uniknya, badak suka datang ke tempat buang kotoran untuk mencari tahu soal badak yang buang kotoran di situ. Dari mencium baunya, badak bisa mendapat cukup banyak informasi yang cukup detail.


4. Kotoran wombat berbentuk kubus


Kotoran hewan memang tidak menarik untuk dilihat. Tapi melihat kotoran wombat (famili Vombatidae) justru bisa membuat kita takjub sekaligus heran. Itu karena bentuk kotoran hewan marsupial endemik Australia ini berbentuk sangat unik, yaitu kubus. Mereka adalah satu-satunya hewan di dunia yang memiliki kotoran dengan bentuk unik tersebut.


5. Kuda nil menarik perhatian lawan jenis dengan cara buang air besar


Kamu pasti setuju bahwa buang air besar sama sekali bukan kegiatan yang menarik untuk ditonton. Tapi kuda nil ternyata punya pendapat yang berbeda. Kuda nil jantan akan buang air besar di depan betina untuk menarik perhatiannya. Sambil buang kotoran, kuda nil akan memutar ekornya hingga kotorannya memancar kemana-mana, kadang sampai 2 meter jauhnya!


6. Burung bangkai mesir menggunakan kotoran sapi sebagai kosmetik


Tak hanya kuda nil, burung bangkai mesir (Neophron percnopterus) juga suka memanfaatkan kotoran untuk menarik perhatian lawan jenisnya. Bedanya, mereka bukan menggunakan kotorannya sendiri, melainkan kotoran hewan lain. Burung bangkai mesir suka memakan kotoran sapi, kambing, atau domba.


7. Burung hudhud bisa mempertahankan diri dengan kotorannya


Burung hudhud (Upupa epops) memang adalah burung yang cantik, dengan bulu berwarna hitam putih dan mahkota jingga di atas kepalanya. Tapi mereka bisa jadi menjijikkan juga, setidaknya bagi predator yang coba macam-macam dengannya. Ya, burung hudhud bisa menggunakan kotorannya untuk mempertahankan diri gangguan predator.


***


Itulah fakta unik seputar kotoran berbagai jenis hewan. Meskipun mungkin menjijikkan, fakta-fakta tersebut membuktikan bahwa setiap jenis hewan memang memiliki keunikan masing-masing, dan selalu ada hal-hal baru yang bisa kita pelajari dari mereka.

Comments


bottom of page