top of page
  • Writer's pictureRaizel CDr

Basenji, Ras Anjing yang Tidak Bisa Menggonggong


Anjing dikenal sebagai hewan yang bisa mengekspresikan dirinya lewat gonggongan. Baik saat mereka sedang marah, sedih, atau pun senang. Bahwa ada anjing yang tidak bisa menggonggong. Namanya anjing Basenji. Lalu, bagaimana mereka mengekspresikan perasaannya, ya?


Dilansir dari laman https://hansens-hikes.com, inilah beberapa fakta seputar anjing basenji.


1. Hewan favorit untuk teman berburu


Basenji kemungkinan termasuk salah satu ras anjing peliharaan tertua, dan hal ini pula mungkin yang menyebabkan basenji tidak menggonggong. Orang zaman dahulu lebih suka anjing yang pendiam saat berburu.


Basenji ditemukan pada abad ke-19 di wilayah Kongo, Afrika Barat. Di sana, anjing digunakan untuk menggiring hewan buruan ke dalam perangkap, membawa barang, dan memberi peringatan jika ada hewan berbahaya yang mendekat saat di jalan. Basenji sangat dihargai oleh beberapa suku di Africa karena keterampilan berburunya serta kecerdikannya.


2. Dikenal karena keunikannya yang tidak bisa menggonggong


Basenji dikenal sebagai jenis anjing yang sangat pendiam. Hal ini karena laring basenji yang rata, sehingga anjing ini tidak bisa menggonggong. Sebenarnya basenji dapat menggonggong, tetapi biasanya hanya sekali dan kemudian diam. Saat membuat suara, ini juga lebih terdengar seperti yodel daripada gonggongan.


3. Sangat sulit untuk dilatih


Basenji adalah anjing yang mandiri dan suka menyendiri. Ras anjing basenji umumnya hanya terikat dengan satu atau dua manusia, dan suka melakukan sesuatu sendiri. Basenji sebenarnya adalah anjing yang pintar dan waspada, karenanya anjing ini akan dengan sigap menangkap apapun yang ia lihat.


4. Tergolong anjing yang sangat sulit ditangkap


Seperti anjing greyhound dan whippet, basenji menggunakan gallop suspensi ganda saat berlari. Saat anjing sedang berlari, biasanya ada setidaknya satu kaki yang menyentuh tanah setiap saat. Tetapi dengan ras yang berderap cepat seperti basenji, ada dua waktu terpisah ketika keempat kakinya terlepas dari tanah. Teknik berlari ini membantu anjing basenji mencapai kecepatan yang mengesankan.


5. Merupakan ras anjing yang sangat bersih


Sebagai anjing yang dibesarkan untuk menjadi pemburu yang pendiam dan mandiri, sering kali anjing ini bebas berkeliaran dari pemiliknya saat di luar. Walaupun ras anjing penyendiri ini kurang bersahabat dibandingkan anjing lain, tetapi basenji membentuk ikatan yang kuat dengan pemiliknya.


Selain itu, basenji memiliki kemiripan sifat dengan kucing yang selalu menjaga kebersihan bulu dan cakarnya. Karenanya, banyak pemilik merasa bahwa merawat basenji itu mudah, karena anjing ini melakukan banyak pekerjaan sendiri dan tidak terlalu manja.


***


Demikianlah beberapa fakta menarik seputar anjing basenji. Walaupun begitu, ras anjing basenji termasuk sulit ditemukan di Indonesia.

留言


bottom of page