top of page
  • Writer's pictureRaizel CDr

5 Fakta Ilmiah tentang Anjing Beagle


Beagle atau biasa dikenal dengan Anjing Pemburu adalah ras anjing terkecil dari famili anjing pemburu yang aslinya berasal dari Inggris.


Dikutip https://manutdnetwork.com, Oh ya, di negara-negara maju, anjing juga digunakan sebagai bagian dari terapi medis yang bisa berinteraksi dengan pasien di rumah sakit.


Nah, salah satu anjing yang banyak dipelihara adalah anjing berjenis beagle. Anjing lucu ini memang selalu terlihat menggemaskan, di samping tentunya juga cerdas. Bagaimana fakta-fakta unik tentang anjing beagle ini? Yuk, disimak!


1. Beagle adalah salah satu jenis anjing dengan penciuman tertajam di dunia


Tak kalah dengan anjing jenis german shepherd atau gembala jerman, anjing berjenis beagle juga memiliki penciuman yang sangat tajam. Anjing beagle dibiakkan untuk menjadi pemburu sehingga penciumannya sangat tajam dan fokus.


2. Diperkirakan evolusi anjing beagle telah terjadi sejak ribuan tahun lalu


Anjing beagle mulai populer pada 1307 saat pemerintahan Raja Edward II karena memang raja dari Inggris tersebut memelihara beagle sebagai salah satu anjing kerajaan. Namun, ternyata beagle sudah ada jauh sebelum masa Raja Edward II. Pasalnya, sebuah dokumen kuno pernah mencatat keberadaan anjing beagle di Yunani pada tahun 400 Sebelum Masehi.


3. Beagle menduduki peringkat ke-6 terpopuler dunia dari 196 trah anjing


Anjing jenis beagle menduduki peringkat keenam sebagai anjing paling populer di dunia dari 196 trah anjing yang resmi tercatat. Yup, anjing trah beagle telah terbukti menjadi salah satu anjing favorit bagi banyak orang di dunia.


4. Menjadi peliharaan para raja dan bangsawan Eropa sejak zaman dulu


Dengan kecerdasan dan kemampuannya dalam berburu, tak mengherankan jika beagle menjadi jenis anjing yang dulu banyak dipelihara oleh kaum bangsawan dan raja-raja di Eropa, bahkan hingga kini. Tercatat beberapa raja dan ratu dari Inggris sering memelihara anjing jenis Beagle, begitu juga raja-raja dari beberapa negara Eropa lainnya.


5. Usia anjing beagle lebih panjang dibandingkan usia anjing trah murni lainnya


Usia anjing trah beagle secara umum adalah 13—15 tahun. Namun, dengan pola pemeliharaan yang baik dari masa ke masa, usia rata-rata (harapan hidup) beagle juga meningkat. Di banyak negara maju, beagle yang sehat mampu hidup selama 17 tahun.


***


Itulah beberapa fakta ilmiah dari anjing berjenis beagle. Jika Anda mengadopsi dan memelihara hewan peliharaan, apa pun itu, sebaiknya rawat dan pedulikan mereka dengan baik, ya!

Commenti


bottom of page